Berita & Blog


Bisnis Sukses Tanpa Modal Banyak, Maklon Jawabannya!

Istilah maklon barangkali menjadi penolong bagi pebisnis pemula. Pasalnya, jasa tersebut konon memberikan keuntungan yang berlimpah kepada para pebisnis. Istilah ini sebenarnya berasal dari negeri Belanda. Maakloon merupakan istilah yang awalnya merujuk pada penyelesaian sebuah pesanan. Pesanan yang dimaksud bisa berupa produk tertentu. Seiring berjalannya waktu produk yang diselesaikan oleh jasa tersebut semakin meningkat. 

Tidak hanya dalam penyelesaian produksi kosmetik saja. Penyedia jasa ini juga menyelesaikan produk herbal. Ada pula yang sudah merambah pada penyelesaian produk makanan dan lainnya. Menariknya, pebisnis pemula sangat cocok menggunakan layanan jasa populer tersebut. Pasalnya banyak keuntungan yang bisa didapat. Terutama dari segi financial yang harus dikeluarkan. 

Bayangkan saat memulai bisnis Anda bisa saja terkendala dengan rencana yang perlu disiapkan. Sebagai contohnya bisnis kosmetik. Meskipun Anda memiliki wawasan yang cukup mengenai kosmetik sayangnya hal tersebut belum mendukung bisnis. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari karakteristik produk kosmetik tersebut dan bahan dasar pembuatannya. 

Bila Anda tidak memiliki skill untuk meracik kosmetik tentunya hal ini menjadi permasalahan tersendiri. Apalagi kosmetik merupakan produk yang sensitif. Artinya masing-masing kulit memerlukan jenis kosmetik yang kandungannya tidak sama. Beberapa pebisnis barangkali bisa membuka pabrik kosmetik sendiri. Namun bagi Anda yang memiliki modal kecil tentu susah merealisasikannya. Karena itu solusinya ialah dengan menggunakan maklon. 

Langkah Mudah Berbisnis dengan Maklon

Banyak orang yang ingin memanfaatkan jasa maklon. Sayangnya masih sedikit yang memahami langkah-langkahnya. Padahal memahami setiap langkah secara tidak langsung dapat mempengaruhi hasilnya. Langkah pertama yang perlu Anda pertimbangkan yaitu mencari ide bisnis terlebih dahulu. Dalam menentukan bisnis Anda perlu melihat peluang keberhasilannya. Pasalnya tidak semua bisnis memiliki peluang bagus.

Selain itu Anda juga harus melihat siapa target market dari bisnis tersebut. Setelah menyelesaikan ide dasar bisnis Anda dapat memilih produk yang sesuai. Memilih produk bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebaiknya pilihlah produk yang memiliki pasar market besar di Indonesia. Dua contoh jenis produk yang paling laku saat ini adalah produk herbal dan kosmetik. 

Keduanya memiliki target market yang berbeda. Produk herbal lebih banyak dipesan oleh semua kalangan. Baik kalangan muda maupun tua membutuhkan suplemen herbal. Sementara itu target market kosmetik didominasi oleh kaum wanita mulai dari muda sampai tua. Setelah menentukan produk Anda dapat merencanakan pembuatan brand sesuai dengan keinginan. 

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting adalah membuat estimasi biaya. Estimasi biaya ini biasanya dapat dikonsultasikan dengan vendor tempat Anda mempercayakan proses produksi. Setelah deal dengan estimasi biaya Anda perlu membuat kerjasama. Istilahnya ialah kontrak manufakturing. Bila kerjasama disepakati maka proses produksi akan dilakukan oleh penyedia jasa atau yang dikenal dengan maklon. 

Ciri Penyedia Jasa Maklon Profesional

Memilih penyedia jasa untuk proses produksi membutuhkan pertimbangan. Pasalnya produk tersebut menjadi bagian terpenting dari bisnis yang Anda jalankan. Kualitas produk dari bisnis yang Anda jalankan menjadi pertimbangan bagi konsumen. Semakin tinggi kualitas produk maka minat konsumen pun meningkat. Sehingga langkah terbaik yang harus Anda lakukan adalah mencari penyedia jasa produksi profesional.

Bagaimana menentukan penyedia jasa profesional? Untuk mendapatkannya setidaknya Anda perlu memperhatikan beberapa aspek. Aspek pertama berkaitan dengan layanan yang diberikan. Bila Anda tidak ingin direpotkan dengan permasalahan halal tidaknya produk sebaiknya pilihlah penyedia jasa yang memberikan layanan pengurusan izin BPOM. Dengan izin tersebut maka produk Anda memiliki jaminan mutu tinggi.

Aspek lainnya yaitu mengenai tenaga yang digunakan. Penyedia jasa profesional biasanya menggunakan tenaga ahli di bidangnya masing-masing. Artinya apabila bisnis yang Anda geluti di bidang kosmetik maka tenaga produksi juga harus menguasasi bidang kosmetik. Begitu pula mengenai produk herbal. Dalam hal ini pengalaman dibutuhkan untuk membuat produk herbal yang terjamin mutunya. 

Jadi dari penjelasan di atas, modal yang minim tidak menjadi masalah di jalam sekarang. Meskipun modal menjadi aspek yang penting namun hal tersebut dapat diminimalisir. Caranya ialah dengan menekan biaya di bagian produksi dan penggunaan alat. Tidak memiliki modal untuk menyewa tempat produksi tidak masalah. Lewat maklon barang yang Anda pesan selesai tepat waktu.

TOP