Berita & Blog


Jangan Keliru, Ini Perbedaan Produk Pabrik OEM dan Palsu

Tidak sedikit orang yang langsung menyamakan produk-produk buatan pabrik OEM dengan barang KW atau palsu. Mereka langsung bersikap difensif terhadap produk tersebut tanpa berusaha mencari tahu lebih jauh faktanya. Padahal keduanya benar-benar berbeda meskipun dibuat kelihatannya tidak dibuat langsung oleh pabrik besar atau resmi. 

Masalah ini sebenarnya tidak rumit tapi banyak yang dibuat bingung. Khususnya ketika mereka sedang mencari barang dan kemudian menemukan label OEM. Ketika kemudian mereka diberitahu bahwa hal itu artinya barang tidak diproduksi oleh perusahaan yang asli, mereka langsung menyimpulkan bahwa barang tersebut sama dengan palsu. 

Hal ini juga yang kemudian melahirkan produk maklon herbal, karena produksinya berbasis OEM. Mereka yang kurang tahu pada akhirnya langsung menyimpulkan bahwa produk herbal tersebut adalah barang palsu. Bahkan sebagian dengan lantang menyatakan produk tersebut berbahaya. Alhasil tak sedikit pelanggan yang salah paham dan mengurungkan niatnya untuk membeli. 

Jika Anda termasuk salah satu orang yang bingung tersebut, tak usah risau lagi karena Anda menemukan artikel yang tepat. Disini akan diulas lebih lanjut tentang apa sebenarnya itu produk berlabel OEM dan apakah memang itu sama dengan produk palsu. 

Pengertian Tentang OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Dari situ bisa dipahami bahwa sebenarnya label OEM bermakna produk tersebut dibuat oleh perusahaan resmi, namun bedanya kemudian produk tersebut dinamai oleh perusahaan retail dengan nama yang berbeda. Produk jenis ini banyak Anda temukan pada jenis produk komputer. 

Selain produk komputer, Anda juga bisa menemukan label OEM pada produk-produk maklon herbal. Karenanya Anda bisa menemukan banyak merek produk herbal meskipun secara isi produk hampir sama. Itu memang dibuat oleh perusahaan yang sejenis hanya kemudian dinamai lagi sesuai keinginan perusahaan retail. 

Hal itu yang kemudian membuat banyak orang menganggap bahwa produk berlabel OEM sama saja dengan barang palsu. Padahal secara proses pembuatan menggunakan standar kualitas yang sama. Apalagi dengan asumsi harga yang jauh lebih murah, membuat orang semakin curiga dengan kualitas produk OEM. 

Alasan Kenapa Harga OEM Murah

Hal ini yang sering kemudian dipertanyakan oleh para pelanggan khususnya yang masih ragu dengan kualitas produk pabrik OEM. Wajar saja sebenarnya karena harga sering dijadikan sebagai patokan dalam menilai kualitas produk. Padahal sebenarnya harga bisa juga dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak langsung berhubungan dengan produk seperti dukungan tambahan dan kemasan.

Termasuk halnya dengan produk-produk herbal berlabel OEM, cenderung dijual dengan harga yang lebih mudah dibanding produk original dari perusahaan resmi. Itu sebenarnya bukan berarti secara kualitas jelek, tapi karena terdapat beberapa perbedaan pada kualitas pendukung. Yakni pada bagian kemasan yang lebih biasa dan garansi yang terbatas. 

Produk yang original biasanya akan dilengkapi dengan fitur dan fasilitas yang lengkap dari perusahaan resmi. Sedangkan untuk produk berlabel OEM, tidak mendapat dukungan sebanyak itu. Ini pun juga berlaku untuk produk-produk maklon herbal yang banyak dijual di pasaran. Tapi masalah kualitas barang, sama dengan original karena dibuat dengan prosedur yang sama.

Perbedaan OEM dengan KW

Pertanyaan berikutnya yang biasanya mengganjal para konsumen adalah produk KW. Karena mereka masih menganggap bahwa produk KW atau palsu seperti halnya produk OEM. Padahal sebenarnya itu sudah berbeda mulai dari proses produksi. Karena prinsip dari produk KW adalah berusaha untuk membuat casing yang persis dengan asli agar orang kemudian tertipu. 

Dari situ bisa terlihat bahwa produk KW secara isi berbeda dengan produk original maupun OEM. Pembuatannya tidak menggunakan standar yang sama, sehingga wajar jika kualitasnya jauh lebih rendah. Berbeda dengan produk OEM yang justru isinya sama dengan original tapi casingnya sedikit berbeda karena menggunakan nama yang berbeda. 

Karenanya pelanggan bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah ketika membeli produk KW karena memang secara biaya produksi biasanya jauh lebih rendah. Sehingga untuk Anda yang membeli produk dari pabrik OEM, seperti produk herbal, tidak perlu khawatir karena kualitasnya sama dengan produk original. 

TOP