Berita & Blog


Kenali Barang-barang dari Pabrik OEM Sebelum Berbelanja

Pabrik OEM tidak lain merupakan pabrik yang memproduksi barang-barang OEM atau original equipment manufacturer. OEM merupakan penggambaran produk satu paket dari produsen. Perusahaan OEM menjual dan memproduksi barang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.
 
Nantinya ketika barang sudah selesai diproduksi selanjutnya akan dikirimkan kepada klien atau pihak yang membutuhkan. Perusahaan OEM bisa saja mendapatkan orderan dari perusahaan klien untuk memasukkan part number perusahaan klien tersebut. Hal ini kenapa bisnis tersebut dinamakan bisnis jasa.
 
Gambaran kerja sama antara pabrik OEM selaku perusahaan A dengan perusahaan klien atau diibaratkan dengan perusahaan B ialah ketika perusahaan B mendapatkan orderan berlebih, tentu membutuhkan partner. Penunjukkan perusahaan A sebagai partner yang diperankan perusahaan OEM.
 
Nantinya perusahaan OEM diperkenankan memproduksi barang sesuai dengan kualitas pada perusahaan klien atau perusahaan B. Ketika hasil produksi sudah jadi maka perusahaan A bisa memperjualbelikan produk tersebut dengan kualitas sama, namun harga bisa jauh lebih murah.

Gambaran Pabrik OEM

Pabrik tersebut sudah pasti memproduksi barang-barang original, di samping istilah OEM, ada juga istilah ODM. Yang membedakan antara OEM dengan ODM adalah apabila OEM diberikan kekuasaan untuk memproduksi barang dengan wewenang sendiri, maka ODM merupakan perusahaan atas titah klien.
 
Perusahaan ODM tidak bisa membuat barang tanpa adanya spesifikasi detail yang ditetapkan oleh perusahaan klien. Meskipun memiliki perbedaan dari segi wewenang produksi, namun kesamaan kedua jenis perusahaan ini satu, yakni menghemat sumber daya manusia, mesin, dan juga tempat produksi.
 
Pabrik OEM merupakan penggambaran riil dari bisnis jasa maklon atau kontrak manufaktur yang menjalin kerja sama dengan pihak lain. Perusahaan maklon disebut juga sebagai outsourcing produksi karena membantu perusahaan lain dalam hal penyelesaian orderan, apa pun bentuk orderan tersebut.
 
Keuntungan yang bisa didapatkan bukan hanya oleh perusahaan maklon, namun juga untuk perusahaan klien. Dengan menggunakan jasa maklon, kedua belah pihak sudah memangkas anggaran untuk berbagai hal. Sebut saja anggaran untuk memperluas tempat dan memperbanyak tenaga kerja serta mesin.

Perbedaan Barang Original Sampai KW 3

Demikian pengertian berikut keuntungan yang bisa didapatkan ketika bekerja sama dengan perusahaan vendor atau maklon. Jenis-jenis perusahaan maklon sendiri ada banyak, sesuai dengan kepentingan perusahaan klien. Barang yang diproduksi oleh maklon bukan kw, melainkan duplikat berkualitas.
 
Untuk membedakan antara barang OEM dengan barang KW, di bawah ini merupakan penjelasan detail untuk Anda. 
 
1. Kualitas barang pertama yang pasti tidak usah diragukan lagi adalah barang original. Kalau yang satu ini tidak kekurangan tempat, tenaga kerja, dan juga mesin sehingga tidak menggunakan jasa maklon. Kualitas produk juga persis seperti standar yang ditentukan oleh perusahaan produsen.
 
2. Kualitas barang kedua adalah OEM, tentu saja ini yang dibuat oleh pabrik OEM. Barang OEM ini bukan barang kw karena wewenang menduplikasi sudah atas izin bahkan perintah produsen langsung. Barang yang diproduksi memang lebih murah, namun kualitasnya sama dengan barang original.
 
3. Kualitas barang berikutnya adalah barang-barang yang sedemikian rupa dibuat seolah mirip sekali dengan barang aslinya, namun tidak memiliki legalitas resmi dengan barang originalnya. Indonesia dan Cina mengenal baik jenis kualitas barang yang satu ini. Setingkat lebih tinggi dari kw 1 sampai 3, namun berada di bawah kualitas produk resmi, seperti original dan OEM.
 
4. Terakhir, kualitas barang kw 1,2, dan 3 yang paling rendah dan memberikan penawaran harga paling terjangkau. Dari bentuknya seharusnya sudah bisa kelihatan mana barang kw 1 sampai 3. Bukan hanya tidak memiliki izin resmi, namun barang kw juga kerap rusak dalam waktu cepat.
 
Itu dia 4 kualitas barang yang bisa dibedakan berdasarkan kualitas orisinalitasnya. Sekilas mata, orang awam mungkin kesulitan untuk membedakan mana yang asli dan mana yang kw. Kw sendiri ada tingkatannya, ada kw super ada juga kw 1 sampai 3. Paling aman dan ekonomis ya produk OEM. Produk OEM memberikan penawaran harga lebih rendah dari aslinya, namun kualitasnya sama dengan barang original. Produk OEM hanya dikeluarkan oleh pabrik OEM.
TOP