Berita & Blog


Ketahui tentang Minuman Fiber dan Manfaatnya

Sekarang ini ada berbagai jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan maupun diet. Dan salah satu yang dikenal sekarang adalah minuman fiber yang menyehatkan tubuh.

Mengenal Minuman dari Fiber

Fiber sendiri adalah nutrisi nabati yang biasa juga disebut serat. Fiber ini adalah jenis karbohidrat yang berbeda dari yang lain, karena tidak dapat dipecah menjadi suatu molekul gula yang dapat dengan mudah serta melewati saluran usus dengan utuh. Tapi, di dalam prosesnya fiber akan melakukan banyak pekerjaan.

Jumlah fiber atau serat ini terdapat 2 macam, yaitu yang bisa larut pada air serta tidak larut pada air. 

Yang pertama serat akan membentuk bahan seperti gel yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta glukosa darah. Serat ini biasa ditemukan pada kacang-kacangan, gandum, apel, buah jeruk, sampai wortel.

Lalu serat yang tidak larut biasanya dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan dan mempermudah seseorang yang sembelit atau buang air besar tidak teratur. Serat yang satu ini berada pada tepung gandum utuh, dedak gandum, sayuran misalnya kembang kol dan kacang hijau, kacang-kacangan.

Manfaat Fiber untuk Tubuh

Minuman fiber sendiri dikenal sebagai minuman untuk menyegarkan badan dan menyehatkan tubuh. Lantas, apa saja manfaat dari minuman satu ini?

  • Menurunkan Berat Badan

Minuman fiber atau serat ini tidak cuma membuat anda kenyang lebih cepat dan lebih lama, tetapi juga dapat mencegah tubuh anda untuk menyerap sebagian kalori didalam makanan yang sedang dimakan.

Sehingga banyak yang mengatakan jika minuman satu ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan saat diet dilakukan.

  • Dapat Mencegah Risiko Diabetes Tipe 2

Minuman fiber ini juga bisa membantu anda dalam mengontrol kadar gula darah. Pada penderita diabetes sendiri, serat terkhusus serat larut bisa memperlambat penyerapan gula serta membantu untuk menstabilkan kadar gula darah seseorang.

Diet sehat yang mengandung serat tidak larut juga bisa menjaga berat badan yang bisa membantu untuk mencegah perkembangan risiko diabetes tipe 2.

  • Menurunkan Peluang Terkena Penyakit Jantung

Hal ini dikarenakan kemampuan minuman untuk menyegarkan badan dan menyehatkan badan satu ini mempunyai serat yang bisa mengurangi kolesterol didalam tubuh anda serta membawanya keluar sebelum menyumbat pembuluh darah.

  • Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Pada tiap 10 gram serat yang anda konsumsi, bisa menurunkan risiko kanker kolorektal sampai 10 persen serta penurunan risiko kanker payudara 5 persen kata suatu studi yang terbit di Oncology of Annals. 

Selain Anti-kanker fiber yang mengandung sayuran serta buah-buahan juga kaya akan antioksidan serta fitokimia yang bisa mengurangi peluang tersebut.

  • Sebagai Detoks Alami Tubuh

Minuman untuk menyegarkan badan dengan Fiber ini dapat juga melarutkan racun didalam tubuh. Serat larut sendiri dapat menyerap senyawa yang memiliki potensi bahaya, misalnya kelebihan estrogen juga lemak tidak sehat, sebelum mereka diserap oleh tubuh.

Lalu serat tidak larut dapat membuat segala sesuatu bergerak dengan lebih cepat dan dapat membatasi jumlah bahan kimia seperti BPA, Pestisida, juga Merkuri berada di tubuh Anda.

TOP